Selasa, 23 Juli 2013

Tv Sharp Picolo Proteg

Banyak terjadi kesalahan tabsir dalam mereparasi kerusakan pada tv sharp yang kerusakanya menyebabkan proteg.seperti yang terjadi pada seorang teman yang datang pada saya dengan membawa sebuah mesin tv sharp Picolo yang kerusakanya apabila tv dinyalakan langsung proteg bukan stenby .menurut keteranganya tv tersebut udah dia ganti IC STR W5453 nya.tapi tetap aja proteg,ya benar aja lawong sunber proteknya bukan disitu.setelah beberapa saat kami mengobrol lalu dia serahkan mesin tv tadi pada saya.
kemudian saya coba nyalakan dan teryata bener tv protek ukur semua tegangan di semua bagian normal .
tv ini mengunakan IC IXB8554JWZZ.vertikal LA78040B
Dugaan saya tertuju Pada Playbacknya,kemudian aku ganti dengan Playback lain dan coba nyalakan,ee...it! masih  tetep proteg Apane neh ki
teringa pada kerusaka tv sharp vonder yang pernah nangkrin di meja kerjaku dengan kerusakan sama persis seperti ini.
Kemudian tak telururi satu persatu komponen yang berhubungan dengan jalur hiter dan 180 v.Ahirnya ketemu juga biang kerok 
penyebab ter protegnya tv ini.
















Yaitu Resistor170kohm yang lokasinya R625 ter ukur putus,setela aku ganti dengan yang masih bagus kemudian tv tak coba lagi mak byar tv pun nyala dengan normal.kemudian aku ganti playbacknya dengan yang aslinya lagi tv taknyalakan malah kembali proteg,kalau demikian kerusaka terjadi pada kedua komponen tersebut,setelah playbac aku ganti lagi dengan yang masih ok tv pun bisa kembali normal,dan selesailah pekerjaanku,Nah itu aja SEMOGA BERMANFAAT...!!