Senin, 22 Juli 2013

TV Polytron L,SIDI mati stenby

Pengalaman yang sangat melelahkan dapat servisan tv merek politron L,SIDI model PS 52UM70SM  dengan keluhan hanya lampu indikator menyala seteby tidak bisa star sama sekali tv ini menggunakan IC HBT 01-05G setelah aku buka dan aku amati teryata satu buah resistor gosong yaitu R517=180ohm.gosongnya resistor ini adalah T505=A1023 short.
Akibatnya zener D512=5,6v ikut short di ikuti T504=C2328A juga shodt.
Setelah ketiga komponen saya ganti teryata tv tetap tidak bereaksi dan ternyta ic utama yaitu IC 301=HBT 01-05G juga ikut sekarat alias modar.permasalahan masih belum juga selesai sampai disini setelah IC 301 aku ganti (ganti IC bekas yang baru gak ada yang jual)tv mau nyala dan gambar normal.
tapi setelah speker aku pasang e e e e eee suarane rek gemrodok (bahasa jawa) apanya lagi ini yo rek rek.!! owalah yo yo....!!
ternyata setelah aku telusuri IC203=TDA7442D ikut don bin modar ,kemudian setelah aku ganti suara grodok grodok nya hilang tapi suara belum juga muncul,eee... aalah ngeyel banget tv iki to yo yo!!
E E E E E ternyata IC memorynya melu error.kemudian aku buka data menu servis code 1014 dan aku ganti setinganya lalu simpa dengan tekan tombol menu diremot dan suarapun muncul ,namun setelah tv dimatikan nyalakan lagi tv gak mau langsunag star mesti tekan power di remor,ter igat pada tv lg yang pernah saya servis kemudian ic memory aku ganti degan yang baru dan seting data menu servisnya ahirnya tv gambar maupun suara normal lagi.namun masih ada satu masalah lagi yaitu sensor sentuh nya gak saya fungsikan soalya IC ATA2508 jebol dan cari di toko gak ada yang jual.biar pakai remot aja lah yang penting bisa nonton tv lagi he he he he!!
mungkin ada yang mau bantu cari IC ATA2508 monggo silahkan.semoga ada manfaatnya!!